Saturday, February 22, 2014

Periksa Efisiensi Baterai Pada Laptop

Baterai laptop yang cepat habis memang menyebalkan. Mungkin kamu tidak sadar ada beberapa fitur yang aktif dimana hal ini bisa membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros.  Untuk mengetahui penyebab borosnya penggunaan baterai, kamu bisa melakukan diagnosa secara meluruh beserta solusinya. Cukup dengan menggunakan perintah melalui command prompt dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

Baterai Laptop
  • Command Prompt
Untuk Windows XP/Vista/7: Masuk ke Command prompt, klik Start>All Programs>Accessories>Command Prompt, klik kanan dan pilih Run As Administrator.

Untuk Windows 8/8.1: Tekan tombol Windows+X, pilih Command Prompt (Admin).
Baterai Laptop 1
  • Ketik perintah
Ketik perintah powercfg –energy, tekan Enter. Nantinya Windows akan memberikan laporan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan daya beserta penjelasannya. Proses ini memakan waktu sekitar 60 detik.
Baterai Laptop 2
  • Lakukan diagnosa
Hasil diagnosa akan menampilkan jumlah errors, warning, dan informational. Bagian errors merupakan hal yang mendapat perhatian penting dimana informasi ini bisa dijadikan acuan sebagai penyebab borosnya penggunaan daya. Informasi warnings merupakan saran yang bisa kamu lakukan guna mengoptimalkan kinerja baterai. Sedangkan informational merupakan keterangan tambahan mengenai hardware maupun software yang terpasang pada sistem.  Untuk melihat laporan secara mendetail kamu bisa melihat file energy-report berupa file html yang terletak di folder tersebut.
Baterai Laptop 3
Berdasarkan informasi yang didapat tadi kamu jadi bisa mengetahui penyebab borosnya penggunaan baterai serta solusi yang bisa kamu jalankan guna menghemat penggunaan baterai. Dengan memperbaiki permasalahan-permasalahan tadi kamu bisa menghemat penggunaan baterai laptop hingga 20% atau lebih dibanding penggunaan sebelumnya. (Sumber: Dayu Akbar)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama