Wednesday, February 26, 2014

Solusi Crash di Internet Explorer 11 Versi Desktop

Sebelumnya PCplus sudah membahas masalah crash pada peramban Chrome dan Firefox beserta solusinya. Meski sudah mulai ditinggalkan sebagain penggunanya, tidak bisa dipungkiri bahwa Internet Explorer merupakan peramban bawaan Windows yang terus mengalami perbaikan untuk menyaingi dua peramban populer tadi.

Dan seperti dua peramban tadi, tidak ada sesuatu yang sempurna. Semua pasti pernah mengalami permasalahan, seperti crash, error, lambat, atau gangguan lain. Nah kali ini akan PCplus tampilkan beberapa solusi sederhana yang bisa dijadikan acuan untuk memperbaiki masalah tersebut. Berikut beberapa caranya:


  • Periksa Add-on
Kebanyakan crash atau error pada IE terjadi akibat beberapa toolbar atau add-on yang terpasang, entah karena sengaja atau tidak. Anda bisa memeriksa jika add-on menjadi penyebabnya. Langkah pertama yang mesti dicoba yaitu dengan menonaktifkan add-on pada IE.  Untuk melihat dan memeriksa add-on yang terpasang, klik pada ikon gear (gerigi) pada kanan atas, klik Manage add-ons. Pada bagian Toolbars and Extentions terdapat add-on yang ada. Perhatikan statusnya, coba satu persatu untuk menonaktifkannya (disable). Lakukan hingga crash tidak terjadi lagi. Jika perlu nonaktifkan semua add-on tersebut.

crash pada IE 11
  • Reset Settings
Jika cara tadi tidak berhasil, Anda bisa melakukan reset pada settings agar kembali ke posisi default. Caranya, klik ikon gear (gerigi) pada kanan atas, pilih Internet Options. Pilih menu Advanced dan klik tombol Reset. Akan tampil jendela yang akan menginformasikan apa saja yang akan di-reset secara otomatis. Anda juga bisa memberi tanda centang pada opsi Delete personal settings jika ingin semuanya kembali dalam keadaan polos.
  • Gunakan Software Rendering
Seperti pada peramban lainnya, IE9 dan versi sebelumnya menggunakan perangkat grafis dalam melakukan rendering untuk mempercepat kinerja browsing. Namun terkadang hal ini justru membuat masalah pada beberapa kartu grafis tertentu dan juga driver yang digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, nonaktifkan fitur tersebut. Caranya, buka jendela Internet Options, pilih opsi Advanced, beri tanda centang untuk mengaktifkan Use software rendering instead of GPU rendering. Lakukan restart pada IE untuk melihat hasilnya.
  • Periksa adanya malware
Malware, virus, atau sejenisnya bisa menyebabkan beberapa aplikasi menjadi crash, termasuk IE. Jika peramban Anda tergolong sering mengalami ini, bisa jadi malware atau virus penyebabnya. Lakukan pemindaian menggunakan aplikasi sekuriti yang telah di-update secara teratur.
  • Lakukan update
Aktifkan fasilitas update pada Windows. Dari sini Anda akan mendapatkan pembaruan serta perbaikan yang akan dilakukan secara rutin guna mengatasi beberapa permasalahan, termasuk pada IE. Update juga perlu dilakukan pada driver, terutama pada kartu grafis jika Anda menemui masalah pada tip 'Gunakan Software Rendering'.
  • Solusi dari Microsoft
Selain cara-cara tadi yang bisa Anda coba, Microsoft juga menawarkan solusi seputar permasalahan pada IE melalui aplikasi yang diklaim mampu mendiagnosa serta memperbaiki permasalahan seperti IE yang lambat, tidak aman, atau tidak stabil. Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi tautan di http://support.microsoft.com/fixit/en-us. (Sumber: PCplus)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

2 comments:

  1. saya nyimak, barangkali peramban ini yang hampir tidak pernah saya gunakan .. :)

    ReplyDelete

Follow me on Blogarama