Tuesday, February 11, 2014

Rossi Terkesan dengan Kelas Terbuka

SEPANG - Hasil dari ujicoba pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, 4-6 Februari lalu cukup menarik di mana adanya persaingan ketat antara pembalap kelas terbuka dengan pabrikan. Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, kagum dengan kelas terbuka.

Dalam tes pertama musim 2014 tersebut, para pembalap motor kelas terbuka memang berhasil mencatatkan waktu yang cukup baik. Salah satunya Aleix Esparago yang sukses menempati posisi keempat bersama motor FTR-M1 miliknya di hari terakhir tes.

"Saya pikir potensi kelas terbuka sangat mengesankan. Pada tes pramusim ini, Espargaro sangat cepat. Itu menandakan bahwa dia berada dalam bentuk yang sangat baik dan mampu mengatasi motor FTR-M1 miliknya dalam level maksimal," ujar Rossi dilansir Crash.

Sebagai catatan, MotoGP musim ini memang mengalam perubahan regulasi sistem ECU kontrol serta menghapus kelas CRT. Akhirnya, hanya musim ini dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas terbuka dan pabrikan.


Valentino Rossi

Kelas pabrikan memiliki keuntungan dengan boleh menggunakan piranti lunak electronic control unit (ECU) bikinan sendiri, sedangkan kelas terbuka mesti memakai ECU standar. Akan tetapi, motor kelas terbuka memiliki bahan bakar 24 liter.

Jadi  lebih empat liter dari motor pabrikan yang hanya dibatasi hingga 20 liter saja.  Hal yang sama pun diberlakukan pada penggantian mesin, kelas terbuka mendapatkan kuota lebih banyak dibandingkan pabrikan.

Rossi mengaku nyaman dengan motor YZR-M1 miliknya di musim ini. Akan tetapi, jawara dunia MotoGP tujuh kali itu tertarik untuk menunggangi kuda besi dari kelas terbuka yang memiliki bahan bakar lebih banyak.

“Mereka sangat diuntungkan dengan adanya ekstra bahan bakar meski soal elektronik cukup dibatasi. Jika saya disuruh memilih saya jelas tak mau ganti motor, tetapi saya ingin mendapatkan bahan bakar hingga 24 liter,” paparnya sembari tersenyum.(Sumber : okezone
)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama