Tuesday, February 11, 2014

Alasan Kenapa Orang Sulit Mengingat Masa Kecilnya

Semua orang pasti pernah mengalami masa kecil dan memiliki kenangan indah saat masih balita. Namun anehnya, jarang sekali orang yang bisa mengingat-ingat masa kecil mereka, terutama yang terjadi saat balita. Apa yang menyebabkan hal ini? Sebelumnya peneliti mengungkap bahwa bayi tak memiliki kemampuan saraf yang diperlukan untuk mempertahankan memori autobiografi mereka. Dan saat ini, penelitian terbaru mengungkap alasan mengapa kebanyakan orang tak bisa mengingat masa kecil mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Emory University mengungkap adanya fenomena yang sebelumnya pernah disebut oleh Sigmund Freud, yaitu "childhood amnesia" atau amnesia masa kanak-kanak. Fenomena ini menemukan bahwa alasan manusia tak bisa mengingat masa kecil mereka karena manusia kehilangan ingatan mengenai masa kecil mereka saat berusia tujuh tahun, seperti dilansir oleh Huffington Post (29/01).

Kenapa orang sulit mengingat masa kecil karena pada masa kecil anak-anak tak memiliki cukup kemampuan saraf untuk mempertahankan memori

"Kami merekam memori dan ingatan dari anak-anak, kemudian mengikuti mereka hingga ke masa depan untuk mengetahui kapan mereka mulai melupakan kenangan tersebut," ungkap ketua peneliti Patricia Bauer. Hasil ini dilakukan setelah peneliti mengamati 83 anak mulai usia tiga tahun. Mereka merekam kenangan seperti pergi ke kebun binatang atau hari ulang tahun. Mereka menemukan bahwa anak-anak sebenarnya mampu mengingat kenangan dengan lebih detail dari orang ua mereka. Selanjutnya peneliti mengikuti anak-anak hingga mereka berusia lima sampai sembilan tahun.

Peneliti menemukan bahwa anak-anak berusia lima sampai tujuh tahun masih bisa mengingat hingga 63 sampai 72 persen kenangan yang mereka miliki saat berusia tiga tahun. Sementara anak-anak di usia delapan sampai sembilan tahun hanya bisa mengingat 35 persen kenangan. Penelitian ini mengungkap Alasan Kenapa Orang Sulit Mengingat Masa Kecilnya. Selain karena anak-anak tak memiliki cukup kemampuan saraf untuk mempertahankan memori mereka, anak-anak juga mulai kehilangan ingatan tentang masa kecil sejak berusia tujuh tahun. (Sumber : www.merdeka.com)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama