Tuesday, February 11, 2014

Ketika Kanada Mengklaim Kepulauan Seribu

Siapa bilang Kepulauan Seribu hanya milik DKI Jakarta. Kanada pun punya Thousand Islands. Bedanya Kepulauan Seribu ada di lautan, dan Thousand Island ada di atas sungai. Menurut situs resmi visit1000islands.com yang dikunjungi detikTravel, Senin (10/2/2014) Sungai St Lawrence menjadi perbatasan Ontario di Kanada dan New York di AS. Di atas sungai tersebut, traveler bisa melihat pemandangan seribu pulau yang dikenal dengan nama Thousand Islands.

Sesuai dengan namanya, di atas Sungai St Lawrence terdapat 1.864 pulau yang terbentang sepanjang 80 km. Pulau-pulau yang ada dalam wilayah Kanada menjadi milik negara tersebut dan begitu pula sebaliknya dengan AS. Pulau yang paling besar di sana adalah Pulau Wolfe di Ontario yang luasnya mencapai 124 km persegi, dengan total populasi penduduknya sekitar 1.400 orang. Di pulau ini terdapat fasilitas lengkap mulai dari hotel, pelabuhan feri, restoran, hingga motel untuk traveler. Beberapa pulau lainnya di Thousand Islands juga menjadi tempat tinggal penduduk, tapi ada syaratnya. Pulau yang ingin ditempati harus terus ada di atas permukaan air sepanjang tahun alias tidak tenggelam, memiliki area yang lebih besar dari 1 kaki persegi atau sekitar 0,093 meter persegi, dan setidaknya memiliki satu pohon.

Ketika Kanada Mengklaim Kepulauan Seribu

Sebab, banyak pulau-pulau di sana yang berupa bebatuan saja dan jadi tempat migrasi para burung. Uniknya, ada beberapa pulau yang hanya memiliki satu rumah saja. Kabel-kabel telepon tiap pulaunya tersambung dari bawah laut. Yang paling terkenal di Thousand Island, adalah Kastil Boldt yang sudah berdiri sejak 1904. Kastil ini milik seorang bernama George C Boldt yang kaya raya. Dia mendirikan kastil tersebut untuk keluarganya dan simbol cinta terhadap istrinya. Kastilnya terdiri dari enam lantai, memiliki kebun-kebun cantik, dan saluran bawah tanah khusus.

Kini, AS dan Kanada sama-sama menjaga Thousand Islands yang telah ditetapkan sebagai cagar dunia biosfer dari UNESCO di tahun 2002. Baik dari Alexandria Bay di New York atau dari Ontario, ada banyak agen perjalanan yang menawarkan paket wisata ke Thousand Islands. Tak hanya melihat pemandangan, berlayar di atas sungainya, atau berfoto-foto, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di sana. Anda bisa rafting, bermain kayak, berenang, naik kapal yacht, mampir ke Zoo Aquarium, naik menara 1.000 Islands Tower, main golf, dan masih banyak lagi kegiatan seru di sana yang bisa dicari melalui situs resminya. Asyiknya, rokok dan minuman beralkohol dilarang masuk ke Thousand Islands. Hal itu bertujuan demi kenyamanan para turis dan menjaga lingkungan Mungkin, pemandangan seribu pulau di atas sungai ini sulit ditemukan di tempat lain. (Sumber: travel.detik.com)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama