Wednesday, February 12, 2014

Mobil Buatan Mahasiswa UI Pecahkan Rekor Asia

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Sadewa Otto berhasil memecahkan rekor Asia. Pencapaiannya tim Sadewa Otto berhasil menciptakan mesin untuk satu liter bensin dapat menempuh 301 kilometer/liter pada kategori urban concept melalui mobil bernama Kalabia Evo-4.

Keberhasilan tersebut sekaligus mengantarkan tim Sadewa Otto menjadi Juara satu pada ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Luneta Park Manila, Filipina, 6 – 9 Februari 2014.

"Kalabia Evo-4 berhasil meningkatkan performanya dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang baru mencapai jarak tempuh 152,3 km/liter," tutur Kepala Kantor Komunikasi UI, Dra Farida Haryoko MPsi.

Selain unggul pada kategori Urban Concept, UI juga meraih peringkat empat besar pada kategori Prototype dengan bahan bakar bensin di ajang yang sama melalui tim Nakoela dengan nama mobil Keris RV berjarak tempuh 342,48 km/liter.

Mobil buatan indonesia

Keberhasilan dua tim perwakilan UI untuk Indonesia ini tidak lepas dari peran para dosen pendamping yaitu Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng (Tim Sadewa Otto) dan Dr.Ario Sunar Baskoro, ST, MT, M.Eng (Tim Nakoela) yang keduanya berasal dari Fakultas Teknik UI.

Pada kategori Urban Concept dengan bahan bakar bensin, Universitas Sebelas Maret meraih peringkat dua dengan pencapaian 75.73 km/l. Selanjutnya pada peringkat tiga diraih oleh Politeknik Negeri Jakarta dengan raihan 56,45 km/liter dan Politeknik Negeri Pontianak menduduki peringkat keempat dengan jarak tempuh 56,46 km/liter. Pada peringkat kelima diraih oleh Chitkara Institute of Engineering and Technology, India dengan pencapaian 55.96 km/liter.

Lebih lanjut pada kategori Prototype dengan bahan bakar bensin paling irit berhasil diraih oleh Sakonnakhon Technical College Thailand dengan capaian 1796.03 km/l. Perwakilan Thailand lainnya Kong Thabbok Upatham Changkol Kho So Tho Bo School berhasil menduduki peringkat kedua dengan pencapaian 1078.06 km/l. Sedangkan Tongji University – China berhasil menempuh 864.24 km/l dan menduduki peringkat tiga.

"kami sangat bangga dapat mewakili UI khususnya dan Indonesia untuk mengikuti ajang bergengsi serta bertemu dan berkompetisi dengan tim dari negara lainnya di Asia. Ke depannya, kami bersama UI-SMV akan terus mengembangkan disain mobil menjadi lebih aerodinamis dan irit bahan bakar,” ujar Team Manager Saweda Otto Pither yang tak lain adalah mahasiswa jurusan Teknik Mesin UI 2010, Supermando.

Baik tim Sadewa Otto maupun Nakoela adalah bagian dari UI Supermileage Vehicle (UI-SMV) yang merupakan sebuah perkumpulan otomotif bentukan mahasiswa UI lintas fakultas dengan moto "We design, build and race the best vehicles with the best efficiency." (www.republika.co.id)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama