Monday, May 4, 2015

Buah Pisang Mampu Mengusir Stress

Buah Pisang bukan hanya sekedar pencuci mulut setelah makan saja, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan diantaranya adalah mengusir stress. Dalam bahasa botani, Pisang memiliki nama Musa Paradisiaca, Linn. Tanaman Pisang diperkirakan berasal dari wilayah Asia, yang kemudian menyebar ke Spanyol, Italia, Indonesia, dan Amerika. Tiap negara punya sebutan beda-beda untuk pisang. Banana (Inggris), Pisang (Indonesia), Tsiu / Cha (Cina), Pisyanga / Kila (India), Klue (Thailand), Pyaw / Nget (Burma), dan lain sebagainya.

Buah dengan warna kulit kuning segar ini bukan buah musiman, jadi setiap saat bisa dijumpai. Selain bukan merupakan buah musiman, Pisang termasuk jenis buah tropis. Di negara-negara yang beriklim tropis, buah pisang dapat dijumpai sepanjang musim. Meski sesama daerah tropis, tetapi jenis maupun varietas pisang berbeda-beda. Di Indonesia saja kita bisa menemukan beragam jenis buah Pisang dengan bentuk, ukuran, serta rasa yang bermacam-macam. Yang sering kita jumpai adalah Pisang Tanduk, Pisang Raja, Pisang Ambon, Pisang mas, Pisang Kepok, Pisang Uli, Pisang Kluthuk, Pisang Susu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buah Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan misalnya mampu mengusir stress

Buah berciri khas berupa rumpun buah yang membentuk tandan ini biasanya memiliki berat tandan antara 12-20 kg untuk jumlah sisir pisang sebanyak 8-12. Setiap sisirnya biasanya terdapat 12-25 buah pisang. Ukuran panjang buahnya antara 6-30 cm dengan ketebalan 2.5-3.5 cm. Kulit buah agak tebal, mudah dipisahkan dan meninggalkan sedikit jalinan serabut. Daging buahnya kenyal, aromanya wangi, berasa manis kalau matang, dan warna daging buahnya putih kekuningan. Jika belum matang benar rasanya sedikit masam dan sepat.

Kandungan Buah Pisang
Citarasa pisang yang manis saat matang berasal dari gula buah yang terdiri dari fruktosa yang baik sebagai penyimpan energi terbaik karena lambat dimetabolisme. Kandungan gula alami yang tinggi dalam pisang dapat mempertahankan kadar gula tetap dalam darah. Pisang juga memiliki tingkat antioksidan tinggi yang telah dibuktikan bahwa diet kaya antioksidan membantu mencegah kanker dan melindungi gen dari kerusakan radikal bebas, serta mampu mengusir stress.

Buah pisang mengandung 70% air, sisanya adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Kandungan vitamin pada buah pisang juga cukup lengkap, misalnya provitamin A berupa betakaroten, vitamin B (tiamin, riboflavin, niasin), dan viamin B6. Dalam buah pisang juga terkandung mineral folat, antacid, asam amino triptofan, potasium, dan juga vitamin C. Dalam 100 gram buah pisang ambon terkandung 99 kalori, 1.2 gr protein, 0.2 lemak, dan karbohidrat 25.8. Di antara beberapa jenis pisang yang biasa dikonsumsi segar atau langsusng, pisang raja uli paling tinggi kadar kalorinya, yaitu sebanyak 146 ka;ori dalam tiap 100 gram pisang. Sedangkan jenis pisang yang paling tinggi kandungan vitamin A nya adalah pisang raja, dalam 100 gramnya terkandung 950 Sl vitamin A.

Buah Pisang Untuk Kesehatan
Beragamnya kandungan vitamin, mineral, dan zat lainnya membuat pisang tidak sekedar enak untuk dinikmati. Dengan mengonsumsi pisang banyak manfaat yang kita bisa peroleh. Gula alami dalam pisang mampu mempertahankan kadar gula normal dalam darha sehingga mampu mengurangi moming sick pada wanita yang sedang hamil muda. Asam folatnya mampu diserap sempurna oleh janin untuk perkembangan sarafnya. Kombinasi potasium, vitamin B, vitamin C, dan asam folat dalam buah pisang menjaga libido tetap tinggi sehingga pisang sering juga disebut sebagai Viagra alami. Zat antasid dalam buah pisang mengurangi produksi asam lambungpenyebab maag dan juga meredakan nyeri. Tetapi untuk bayi di bawah 6 bulan jangan diberikan pisang meskipun konsistensinya lembut, sebab pencernaan bayi belum bisa menerimanya.

Buah pisang juga kaya serat alami yang berguna untuk menurunkan resiko kanker usus. Vitamin B6 dan B12 dalam pisang membantu mengatasi kecanduan nikotin yang kebanyakan dialami para perokok aktif. Kadar potasium buah pisang yang cukup tinggi sangat cocok untuk diet rendah garam, anemia, cacar air, dan meredakan penyakit kuning. Buah Pisang mampu mengusir stress, jika mengonsumsi buah pisang dengan teratur. Kandungan asam amino triptofan dari pisang bisa diolah oleh tubuh menjadi obat pemberi rasa tenang yang mampu mengusir stress. Selain bermanfaat untuk mengatasi kecanduan nikotin, vitamin B6 dalam pisang juga bermanfaat bagi wanita untuk menekan emosi mensintesa dan mengolah protein dalam tubuh.

Memilih, Mengolah, dan Menyimpan Buah Pisang
Tiap jenis pisang memiliki karakter yang berbeda dalam penanganannya. Tetapi pada dasarnya, ada beberapa sifat yang mirip sehingga memudahkan kita untuk menanganinya. Buah pisang akan memiliki rasa manis sempurna jika matang di pohon, sehingga tidak butuh waktu dan juga katalis untuk mempercepat pematangan buahnya. Kulit pisang termasuk jenis kulit buah yang gampang sekali rusak, jadi jangan menyimpan pisang dengan cara disusun. Jangan pernah menyimpan dalam lemari pendingin tanpa plastik atau kertas, sebab dapat merusak warna kulit pisang dan membuat daging buanya keras. Buah pisang lebih baik disimpan dalam suhu ruang dengan cara digantung tiap sisir.

Saat Anda membeli pisang, pastikan buah tersebut matang bukan karena katalis. Pisang yang matang pohon memiliki warna kulit kuning cerah, ukuran buahnya proporsional, aromanya khas pisang, warna tandanya gelap, dan teksturnya keras. Pisang dapat dikonsumsi langsung, namun juga bisa diolah menjadi beragam sajian yang berbeda. Anda bisa mencampurkan pisang dalam adonan kue, sebagai isian roti, dibuat selai, dibuat ceriping, sirup, essen, dan lainnya. Tapi perlu diingat bahwa buah pisang akan cepat sekali berubah warna jika terkontaminasi dengan oksigen, jadi begitu dikupas segera olah lebih lanjut buah ini. Setelah diolah menjadi produk-produk tersebut, buah pisang yang nilai jualnya tidak terlalu tinggi bisa dinaikkan. Selain itu dengan diolah menjadi produk makanan lain, juga bisa memperlama usia konsumsi buah pisang itu sendiri sebab buah pisang cepat sekali matang dan menjadi busuk.

Demikianlah informasi menarik yang mengulas tentang “Buah Pisang Mampu Mengusir Stress”, semoga informasi ini bermanffat untuk Anda.

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

2 comments:

  1. wah baru tau nih klo pisang bisa usir stress...

    http://obatleukemia.toko-gumilar.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga artikel tentang Buah Pisang Mampu Mengusir Stress ini, bisa memberikan manfaat untuk anda.
      Oh ya, terima kasih telah berkunjung pada Blog OLD NEWSPAPER. :D

      Delete

Follow me on Blogarama