Wednesday, February 26, 2014

Cara Instan Perbaiki Crash di Firefox

Sebagai salah satu peramban yang paling banyak digunakan, Firefox memang memiliki banyak keunggulan dalam menjelajah internet. Namun tentu saja, Firefox juga bisa mengalami permasalahan yang membuat aktivitas berinternet menjadi terganggu. Untuk itu ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki permasalahan yang ada.

  • Gunakan Safe Mode.
Mirip dengan sistem operasi Windows, Firefox juga menyediakan Safe Mode guna menganalisa dan memberikan solusi saat terjadi crash. Mode ini akan menjalankan Firefox tanpa menggunakan berbagai add-on yang telah terpasang. Untuk mengaktifkan Safe Mode, klik menu Help>Restart with Add-ons Disabled. Anda juga bisa menggunakan cara menekan tombol Shift saat hendak menjalankan Firefox. Jika crash tidak terjadi saat Firefox berjalan pada Safe Mode, berarti permalahan terletak pada Add-on yang Anda pasang. Non-aktifkan satu persatu sampai Anda menemukan Add-on yang bermasalah tersebut.
  • Reset Firefox.
Firefox menyimpan data personal penggunanya pada folder Profile. Pada folder tersebut terdapat segala hal yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi. Namun Anda tidak perlu memeriksanya satu persatu, selain sulit, tentu akan memakan waktu. Untuk itu, Firefox telah menyediakan feature Reset yang akan menampilkan profil baru, migrasi bookmark, histori browser, password yang tersimpan, serta cookies. Setelah melakukan reset, Anda akan mengembalikan kondisi Firefox dalam keadaan polos, tanpa extention, themes, atau search engine. Untuk melakukan reset, klik menu Help>Troubleshooting Information dan klik tombol Reset Firefox.

crash pada firefox

  • Nonaktifkan Hardware Acceleration.
Feature hardware acceleration menggunakan kartu grafis untuk melakukan render teks dan obyek pada halaman situs. Ini berguna untuk mempercepat tampilan namun membutuhkan kinerja CPU yang lebih berat. Dan pada beberapa kasus, feature ini bisa bermasalah pada kartu grafis serta driver-nya. Nonaktifkan feature ini bisa menjadi salah satu solusinya. Caranya klik menu Options>Advanced dan hilangkan tanda centang pada Use hardware acceleration when available checkbox.
  • Lakukan update.
Crash juga bisa terjadi akibat tidak update-nya software pendukung yang ada. Lakukan update pada Firefox, semua plugin, extention serta themes yang digunakan, Windows, driver kartu grafis, serta aplikasi sekuriti seperti firewall maupun antivirus.(Sumber: PCplus)
OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama