Saturday, February 22, 2014

Fakta Seputar Melahirkan yang Tak Pernah Dokter Beri Tahu pada Anda (2)

Apa yang ada di pikiran Anda ketika berbicara tentang proses persalinan? Rasa sakit, lega, atau bahagia saat si kecil sudah hadir di dunia ini bisa jadi jawaban sebagian besar pasangan. Meskipun sebenarnya persalinan bukanlah proses yang sederhana.
Lanjutan dari artikel sebelumnya, meski dialami para wanita dan mereka tak menyadarinya, ada beberapa hal yang sengaja 'disembunyikan' dan tidak akan diberi tahu oleh dokter kepada pasiennya, seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (21/2/2014) berikut ini:

  • Anda lebih kuat dari yang Anda kira
Perawat dan bidan bersertifikat di New York, Marcy Tardio mengatakan banyak suami yang berkata padanya bahwa ia tak percaya istrinya berhasil melahirkan buah hatinya dengan perjuangan yang cukup berat. Tak jarang, wanita pun ada yang tidak percaya dirinya mampu melalui proses persalinan.

Fakta seputar melahirkan 2

"Melahirkan memang menjadi sesuatu yang sangat menantang dan memberi pemahaman baru bahwa Anda adalah sosok yang kuat dan mampu melalui tantangan berat itu," papar Tardio.
  • Seluruh tubuh Anda bisa bengkak
Dilaporkan WhatToExpect, menjadi hal yang umum di RS jika memberi infus pada wanita yang melahirkan untuk mencegah dehidrasi. Akibatnya, sehari setelah melahirkan, wajah atau pergelangan kaki Anda bisa bengkak.

"Tubuh juga memproduksi dan mempertahanakan lebih banyak cairan selama hamil dan berkontribusi pada bengkak yang dialami. Usai melahirkan, banyak perempuan yang mengeluarkan keringat dan urine," papar Dr Lauren Streicher, profesor kebidanan dan ginekologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine.
  • Menyusui bisa menyakitkan
Pada beberapa wanita, menyusui usai melahirkan memang terlihat mudah. Tapi banyak juga wanita yang merasa kesakitan. Untuk itulah, bidan bersertifikat di The Center for Midwifery, University of Colorado Hospital, Jessica Anderson mengatakan dokter juga perlu menyiapkan kondisi si ibu untuk menyusui bayinya.

"Meski ada semacam harapan budaya bahwa hal itu wajar, tapi bagi ayah atau ibu proses menyusui bisa jadi sangat menantang dan pada si ibu jadi menyakitkan," kata Anderson.
  • Jika menjalani caesar, kateter akan dipasang lebih lama
Bila melakukan caesar baik direncanakan atau tidak, biasanya dokter akan meletakkan kateter di kandung kemih. Ini berguna untuk mempermudah operasi dan untuk mengukur pengeluaran urine Anda sehingga saat buang air kecil Anda tak harus turun dari tempat tidur.

"Meski sudah melahirkan, jangan kaget jika esok harinya kateter masih dipasang di kandung kemih Anda meskipun kadang ada kekhawatiran terkait jahitan operasi atau pengeluaran urine yang terlalu banyak, kateter hanya akan dipasang satu atau dua malam setelah operasi," papar dr Eva Pressman, ketua departemen kebidanan dan ginekologi di University of Rochester Medical Center.
  • Vagina bisa berubah
"Setelah melahirkan normal, struktur perineum dalam vagina bisa kembali normal meskipun mengalami perubahan. Jadi jangan heran jika vagina Anda tidak sama dengan yang dulu," kata Anderson.

Selain itu, Streitcher mengatakan kekeringan vagina juga lumrah terjadi terutama jika wanita tersebut menyusui dan berusia antara 20-30 tahun. Kekeringan vagina akan dirasakan saat berhubungan seks pertama kali setelah melahirkan.
  • Anda akan mengalami pendarahan sementara waktu
Anderson mengatakan, bagi banyak wanita, akan jadi hal yang mengejutkan jika mereka mengalami pendarahan empat sampai enam minggu setelah bersalin. Bahkan, menurut blog dalam website Mayo Clinic tahun 2010, pendarahan yang terlalu banyak pada vagina usai melahirkan bisa jadi sesuatu yang mengejutkan untuk wanita.
  • Melahirkan adalah 'pekerjaan' yang mudah
Meski beberapa pasangan mengatakan proses kelahiran itu sulit, Anderson mengakui ada pula orang tua baru yang menuturkan bahwa proses persalinan adalah pekerjaan yang mudah.

"Kami sebagai penyedia jasa pelayanan medis benar-benar fokus pada proses persalinan. Tapi, banyak juga pasangan yang memang sudah mempersiapkan persalinan itu hingga mereka merasa proses itu mudah," papar Anderson. (Radian Nyi Sukmasari)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama