Saturday, February 22, 2014

Fakta Seputar Melahirkan yang Tak Pernah Dokter Beri Tahu pada Anda (1)

Melahirkan buah hati bisa menjadi momen yang paling mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu oleh wanita. Mulas, mengejan, lalu terdengar tangisan bayi sebagai tanda si kecil sudah lahir bisa jadi tanda proses melahirkan sudah sukses Anda lewati.

Nyatanya, tak sesimpel itu sebab dalam proses bersalin, ada beberapa hal yang secara tak sadar Anda alami tapi tidak akan pernah diberi tahu oleh dokter atau tim medis lainnya, seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (21/2/2014):


Fakta seputar melahirkan 1
  • Anda tidak akan diizinkan untuk makan
Meski rumah sakit atau klinik bersalin memiliki peraturan berbeda biasanya perempuan tidak diperbolehkan makan beberapa saat sebelum melahirkan. Peraturan ini biasanya diterapkan jika akan melahirkan lewat operasi caesar. Meskipun tinjauan Cochrane baru-baru ini menyimpulkan wanita sebaiknya tidak makan atau minum selama dan beberapa saat sebelum bersalin.

"Jika Anda berada di bawah anestesi umum, dokter tidak ingin saluran napas Anda terganggu karena makanan. Lagipula ketika Anda akan melahirkan, rasa lapar yang awalnya ada pun bisa hilang seketika," papar spesialis obgyn di Stamford Hospital, dr Shieva Ghofrany.
  • Anda butuh waktu sangat lama untuk mengejan
"Beberapa wanita akan terkejut jika tahu ia menghabiskan waktu satu jam, dua jam, tiga jam, atau lebih layaknya di film-film. Saya tidak yakin wanita bisa menyadari hal itu. Lamanya waktu mengejan terutama terjadi saat kelahiran pertama dengan prosedur normal," papar perawat dan bidan bersertifikat di The Center for Midwifery, University of Colorado Hospital, Jessica Anderson.
  • Kelahiran normal berbeda untuk tiap orang
Jika prioritas Anda dan pasangan ingin melahirkan normal, pastikan dulu bagaimana sistem kerja di tempat bersalin yang Anda pilih. "Tak sedikti pasangan yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk belanja ketimbang mencari info tentang sistem bersalin," kata perawat dan bidan bersertifikat di New York, Marcy Tardio.

Menurut Tracy, kuncinya adalah memastikan perawatan apa yang akan didapat setelah bersalin misal bagaimana intervensi untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan dan bagaimana perawatan bayi yang dilakukan.
  • Anestesi bukan jaminan
Ada kalanya anestesi yang dimasukkan menggunakan kateter atau di tulang belakang dan tidak bisa menyebar secara merata. Penyebabnya karena anatomi tubuh si wanita atau ada kondisi selang kateter.

"Kadang ada wanita yang merasakan sakit di salah satu sisi tubuhnya. Maka dari itu, sebelum bersalin lebih baik bicarakan anestesi apa yang tepat bagi Anda dengan dokter yang bersangkutan," kata dr Eva Pressman dari departemen kebidanan dan ginekologi University of Rochester Medical Center.
  • Banyak orang akan melihat vagina Anda
Jika Anda melahirkan di klinik bersalin, kemungkinan tim yang menangani hanya dua atau tiga orang. Tapi menurut dr Ghovrany, saat bersalin di rumah sakit yang besar akan semakin banyak orang yang bisa melihat kondisi vagina Anda saat itu.

"Meski tim medis berbeda di tiap rumah sakit, usai melahirkan anakku, aku tak peduli jika ada petugas kebersihan yang sempat melongok ke kakiku," ujarnya.
  • Detak jantung bayi bisa turun
Selama proses persalinan, hal yang lumrah jika tali pusat diregangkan atu dikompresi sehingga menyebabkan denyut jantung janin drop. Hal itu menurut dr Ghovrany bisa jadi momen yang menakutkan.

Walaupun bisa jadi indikasi sesuatu yang lebih serius, American College of Obstetricians dan Gynecologists menekankan bahwa yang disebut pola denyut jantung abnormal pada janin tidak selalu berarti ada masalah.
  • Anda buang air besar
Sebelum melahirkan, para wanita memang dianjurkan untuk buang air besar terlebih dulu. Sebab, ketika mengejan, bisa jadi secara tak sengaja justru feseslah yang keluar.

"Saya juga sering mengatakan pada pasien mengejanlah seperti orang ingin buang air besar dan nyatanya tak jarang memang ada kotoran di situ. Itu hal yang biasa bagi kami paramedis. Meski kadang ketika tahu ada kotoran, si pasien akan malu dan tidak enak hati," kata dr Ghovrany.(Radian Nyi Sukmasari)

OLD NEWSPAPER
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment

Follow me on Blogarama